Friday, April 13, 2007

Pipit Padi


( Tanpa dikurungpun pipit tak akan terbang jauh, tidak terlalu liar, juga tidak terlalu jinak)

Burung Pipit Padi

Pengelasan saintifik
Alam: Haiwan
Filum: Kordata
Subfilum: Vertebrat
Kelas: Burung
Genus: Lonchura
Spesies: L leucogastra

Burung Pipit Padi
Lonchura Leucogastra
White-bellied Munia
ciri ciri :
Burung Pipit Padi ialah hewan yang tergolong dalam golongan benda hidup,
alam : haiwan,
filum : kordata,
sub-filum : bertulang belakang (vertebrata),
kelas : burung.
Burung Pipit Padi adalah berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Paruh Burung Pipit Padi tidak bergigi.

***
Beberapa waktu lalu, saat saya baru saja membuat blog berjudul pipitpadi. Saya melihat film dokumenter di televisi yang menyatakan bahwa species burung pipit adalah satu-satunya species burung di dunia yang bisa terbang mundur. Awalnya saya heran dengan terbang mundur apa maksudnya, saya lihat burung-burung yang lain juga bisa terbang mundur. Ternyata maksudnya terbang mundur tanpa berbalik arah atau membalikkan tubuh. Jadi pipit bisa terbang dengan arah mundur. sedangkan jika burung-burang yang lain terbang mundur dengan berbalik arah memutar arah kepala. Tapi saya sampai saat ini saya tidak tahu dan belum bisa menemukan artikel yang mendukung alasan mengapa pipit bisa terbang mundur. dan alasan apakah yang menyebabkan pipit ingin terbang mundur?.
Tuhan menciptakan setiap makhluknya dengan keistimewaan tersendiri.

Bagi saya sendiri, pipit padi punya makna beragam dan punya kisah tersendiri, kisah sejarah kini dan harapan masa depan. jika sejarah, pipit padi dulu mendengar kisah air mata ibunda saya tumpah waktu masa remajanya, kisah-kisah yang harus diambil hikmah diterima dengan kesabaran, kemaafan dan keiklasan. Kini pipit padi adalah kecerian, saya tak mungkin masuk dalam masa lalu ibunda untuk menghiburnya saat sedih, tapi saya ingin bagai pipit yang berkicau menghiburnya, berdarah panas untuk menghangatkan hati semua orang, berbagi kecerian pada semua orang, menjadi pendengar untuk setiap cerita yang terurai, menggenggam rapat kepercayaan. Kecil dan tak bergema, tapi kicauan jadi penghibur saat jiwa butuh ketenangan dan kesunyian alam, pipit tak bergigi agar tak bisa menyakiti. Dunia telah banyak menangis, jika pipit kecilpun turut menangis, di mana keceriaan akan didapati, biarlah cicit-cicit kecilnya menambah bunyi di alam ini, dan ia bisa terbang mundur jika terbang maju tak memungkinkan lagi. Ach terlalu muluk mungkin harapan saya akan sosok pipit padi, tapi pipit-pipit itu dulu membuat hati saya ceria.

Manusia bukan pipit, tapi belajar dari pipit, rasanya juga tak ada salahnya.

2 comments:

meiy said...

pipitnya jangan dikurung uur, sedih amat ngeliatnya

burung lebih indah di pohon, atau di padi kali ya...

ganti dunk gbrnya, pipit yg terbang mundur gitu loh :)

pipitpadi said...

Iya sedih liatnya terkurung uni, iya uni ini lagi cari pic pipit yang tidak terkurung. Ok..