Tuesday, July 03, 2007

Segelas Teh Pagi Hari

Segelas Teh di mejaku
Penyegar raga pagi hari
Temaniku lewati waktu
Seiring terbit sang mentari

Segelas teh di mejaku
Beri aroma penguat diri
Rasa manis tak terlalu
Penawar getir getar hati

****
Segelas teh di meja kerja
Minum Yuk……

Minum teh pagi, sejak kecil saya suka minun teh pagi hari, mungkin karena sudah kebiasaan keluarga, pagi hari berkumpul bersama sebelum berpencar masing-masing dengan aktivitas sekolah atau ke sawah. Minum teh disertai santapan ringan buatan tangan Amak, kadang pisang goreng, pisang abuaih, kue mangkuak, bubur kacang ijo, lamang panggang, limpiang atau makanan kecil lainya.

Menatap jendela yang terbuka nikmati cahaya matahari yang muncul dari balik bukit Barisan. Memandang keindahan birunya gunung Sago dengan iringan irama kicauan pipit dan punai serta murai yang terbang rendah di halaman. Berbaur bersama kokok ayam yang mulai ricuh mengais tanah mencari butiran makanan, mungkin bulir beras dan padi atau dedak kemarin petang yang sengaja diserak sehabis menumbuk padi di heler ujung kampung.

Kue terakhir jadi rebutan dengan sang kakak, dibagi dua tanda damai beradik kakak setelah sering saling mengalah, siapa yang memberi berarti lebih sayang, karena sama-sama mengaku sayang kuenya jadi dibagi dua untuk bisa saling memberi. Mungkin itu cara Amak mendamaikan kami jika mulai berebut sesuatu, hingga saling menunggu jika salah satu tak ada di rumah tak ingin mengambil jatah lebih dulu, jika hanya tersisa sepotong kue.

Kini, segelas teh di meja kerja tanpa kue buatan Amak, tak ada canda Bapak, tak ada suara kakak. Tak ada jendela yang terbuka tanpa gunung yang biru. Tapi cukuplah segelas teh hangatkan kenangan di jiwa ini, kebersamaan itu akan tetap ada hidup dalam ingatan meski terpisah bentangan darat dan lautan. Nikmati segelas teh pagi ini, semoga hari ini seterang cahaya mentari yang menyusup lewat sela-sela tirai jendela kaca.

( pagi di meja kerja)

3 comments:

kelana said...

Segelas teh menghangatkan kenangan indah.... bahkan yang terindah.
Segelas teh menghangatkan hari ini...bahkan ketika terik.
Segelas teh menghangatkan impian masa depan... bahkan yang terjauh.
Segelas teh... Ya hanya dengan segelas teh semuanya jadi hangat.

pipitpadi said...

ya benar sekali hanya segelas teh tapi bisa membuat semuanya jadi hangat

Putirenobaiak said...

duh hangatnya kenangan....